Selasa, 19 Agustus 2008

tugas komQ

1. Sebutkan beberapa cara penyambungan kabel UTP pada konektor RJ-45 dan fungsinya.

Kabel UTP merupakan salah satu kabel yang dapat digunakan sebagai media transmisi pada jaringan komputer lokal. Penyambungan kabel UTP pada konektor RJ-45 dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu straight (lurus) dan crossover (silang).


a.Lurus (straight)
Cara penyambungan kabel UTP secara straight pada konektor RJ-45 ditunjukkan pada gambar di bawah ini




Sambungan straight berguna untuk penyambungan dari router ke hub/switch, dari server ke hub/switch, atau dari workstation ke hub/switch.






b.Silang (crossover)
Cara penyambungan kabel UTP secara crossover pada konektor RJ-45 ditunjukkan pada gambar di bawah ini




Sambungan crossover berguna untuk penyambungan uplink antar-switch, dari hub ke switch, dari hub ke hub lain, dari PC ke PC lain (antara 2 komputer tanpa hub/switch), atau dari router interface ke router interface lain.






2. Sebutkan 3 kelebihan topologi star dibandingkan topologi bus.

  • Topologi star lebih mudah dalam pengelolaan jaringan, karena kontrolnya yang terpusat. Sedangkan topologi bus tidak, sering terjadi kepadatan lalu lintas.
  • Dalam topologi star jika terjadi kesalahan atau kerusakan mudah dideteksi, sedangkan pada topologi bus kesalahan atau kerusakan sulit dideteksi.
  • Pada topologi star pemasangan atau perubahan stasiun mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan lain, begitu pula saat salah satu client rusak maka tidak merusak jaringan. Sedangkan pada topologi bus, jika salah satu client rusak, maka dapat merusak jaringan
3. Sebutkan bahan-bahan untuk membentuk jaringan komputer dengan topologi bus.
Perangkat keras untuk membentuk jaringan komputer dengan topologi bus antara lain komputer minimal 2 buah, kartu jaringan, kabel, dan piranti interkoneksi.

a.File server
File server merupakan peralatan yang berguna untuk menyimpan data dan dapat diakses oleh semua pengguna jaringan komputer. File server memiliki memori yang besar, hard disk kapasitas besar, dan kartu jaringan yang cepat. Di dalamnya terdapat aplikasi dan data yang dibutuhkan untuk jaringan.

b.Network Interface Card (NIC)
Kartu jaringan (NIC)merupakan pintu gerbang utama yang menghubungkan komputer anda dengan jaringan. Kartu jaringan berfungsi sebagai penerima sinyal-sinyal yang ditransmisikan oleh medium transmisi, misalnya kabel. Saat ini ada beberapa pilihan kartu jaringan yang dapat dijadikan sebagai piranti interkoneksi.

1. Ethernet Card


Ethernet Card biasanya telah menyediakan port koneksi untuk kabel koaksial ataupun kabel twisted pair. Ethernet Card untuk kabel koaksial menggunakan konektor BNC dan untuk kabel twisted pair menggunakan konektor RJ-45.
2. LocalTalk Connector
LocalTalk Connector merupakan kartu jaringan untuk komputer Macintosh, konektor ini menggunakan sebuah kotak adaptor khusus dan kabel yang terpasang ke port untuk printer. LocalTalk dapat beroperasi dengan kecepatan 230 Kbps.
3. Token Ring Card
Token Ring Card hampir sama dengan Ethernet Card. Perbedaannya adalah tipe konektor di belakang kartu jaringannya, Token Ring mempunyai tipe konektor 9 pin DIN yang menyambung kartu jaringan ke kabel network.

c.Kabel

Kabel pada suatu jaringan komputer berfungsi sebagai media penghantar sinyal data. MIsalnya Kabel Twisted Pair
Secara fisik, kabel Twisted Pair mirip dengan kabel telepon yang digunakan di rumah kita. Bila kabel tersebut kita kupas, maka kita akan mendapati beberapa kabel lain yang lebih kecil yang terpilin di dalam kabel tersebut. Kabel Twisted Pair terbagi atas dua jenis, yaitu STP (Shielded Twisted Pair) dan UTP (Unshielded Twisted Pair).

d.Piranti Interkoneksi
1. Hub
Hub merupakan perangkat yang menyatukan kabel-kabel jaringan dari tiap workstation, server, atau perangkat lainnya. Hub berfungsi mengirimkan data ke semua host tanpa kecuali.
2. Bridge
Bridge adalah sebuah perangkat yang menghubungkan bebrapa jaringan untuk mendapatkan jaringan yang efisien. Bridge memiliki fungsi yang hampir sama dengan hub. Namun bridge memiliki keunggulan, yaitu mampu mengenali host yang akan dituju. Dengan demikian, jika kita ingin mengirimkan data pada host A maka host yang lain tidak akan menerima data kita.
3. Repeater
Repeater merupakan suatu perangkat jaringan yang berfungsi menguatkan sinyal, kemudian mentransmisikannya kembali. Pada jaringan komputer, sinyal yang ditransmisikan melalui kabel akan melemah seiring dengan semakin bertambah panjangnya kabel. Oleh karen iotu diperlukan repeater dalam topologi bus.
4. Router


Prinsip kerja router merupakan gabungan antara prinsip kerja hub, bridge, dan repeater. Kelebihan router yaitu mampu menerjemahkan informasi antara LAN dan internet
mampu mencari jalur terbaik ketika mentransmisikan data melalui internet
mampu mengenali semua host pada jaringannya sendiri dan juga mengenali semua bridge dan router lainnya

4. Sebutkan manfaat jaringan komputer lokal.
Suatu jaringan komputer bila digunakan dengan optimal akan memberikan banyak manfaat bagi penggunanya. Manfaat jaringan komputer antara lain sebagai berikut :
a.Resource sharing
Pengguna jaringan dapat menggunakan berbagai media yang terdapat pada jaringan secara bersama-sama. Misalnya penggunaan printer yang telah di-sharing.
b.High Reliability
Data-data yang dimiliki seorang pengguna dapat diback-up oleh pengguna lainnya. Maksudnya, agar data tersebut masih dapat diolah walaupun salah satu komputer pada jaringan tidak aktif.
c.Pertukaran file dapat dilakukan dengan mudah
d.File yang keluar atau masuk ke server dapat dikontrol
e.Keamanan data terjamin, karena file dapat disimpan pada server sehingga data dapat diakses dari semua client menurut otorisasi sekuritas.
f.Resiko kehilangan data oleh virus komputer menjadi kecil.

5. Sebutkan 2 persyaratan minimal untuk koneksi Internet dengan saluran komunikasi telepon.
Komputer di lingkungan kantor, sekolah, atau rumah yang terhubung ke internet pada umumnya menggunakan saluran telepon yang dikenal dengan dial-up connection. Untuk itu dibutuhkan beberapa peralatan yang antara lain :
a.Saluran telepon
b.Modem
c.Komputer server dan client yang dilengkapi LAN Card
d.Switch/hub
e.Perangkat lunak untuk sharing internet, misalnya WinGate
f.Account dari ISP (internet Server Provider), misalnya Telkomnet instan.


Tidak ada komentar: